PENGARUH SUPPORTIVE THERAPY PADA LANSIA TERHADAP DEPRESI DI UPT PSTW JOMBANG DINAS SOSIAL PROPINSI JAWA TIMUR

  • Sucipto Sucipto
  • Fajar Rinawati Akademi Keperawatan Dharma Husada Kediri

Abstract

Depresi merupakan salah satu gangguan mental yang banyak dijumpai pada lansia akibat proses penuaan. Depresi dapat memperpendek harapan hidup dengan mencetuskan atau memperburuk kemunduran fisik, kualitas hidup menurun, dan menghambat pemenuhan tugas-tugas pemenuhan lansia. (Stanley & Beare, 2006). Terapi suportif merupakan jenis terapi psikologis yang bertujuan untuk membantu klien agar dapat berfungsi lebih baik dengan memberikan dukungan secara pribadi.


Desain penelitian yang digunakan adalah desain Desain pre tes - pos tes satu kelompok (One Group Pretes Postes Design) yang membandingkan pengaruh suatu intervensi, yaitu supportive therapy terhadap perubahan depresi pada lansia di panti. Pengukuran data depresi menggunakan Kuisioner Geriatric Depresi Scale (GDS) cek list


Analisa data menggunakan uji statistik dengan Wilcoxon. dengan hasil nilai p-value: 0,011, Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan. Jadi supportive therapy dapat menurunkan depresi lansia di UPT PSTW Jombang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryani A. (2008) Faktor-Faktor yang Berhubungandengan Depresi pada Lansia di Desa Mandong Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten:Universitas Muhammadiyah Surakarta

Kaplan, H.I., Sadock, B.J. 1998. Ilmu Kedokteran Jiwa Darurat. Penerjemah (W.M. Roan). Jakarta: Widya Medika

Palmer, Stephen, Ed. (2011). Introduction To Counselling and Psychoterapy : The EssentialGuide (Konseling dan Psikoterapi), diterjemahkan oleh Sage publication Ltd. Yogyakarta :Bandung.

Stanley, M., & Beare, P. G. (2006). Buku Ajar Keperawatan Gerontik . Jakarta: EGC.

Weinheim:Wiley-VCH.(2005).8. Bjornlund L. Depression (disease & disorder). Farmington Hills: Lucent books; 2010
Published
2019-05-24
How to Cite
SUCIPTO, Sucipto; RINAWATI, Fajar. PENGARUH SUPPORTIVE THERAPY PADA LANSIA TERHADAP DEPRESI DI UPT PSTW JOMBANG DINAS SOSIAL PROPINSI JAWA TIMUR. Jurnal Ilmu Kesehatan, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 337 - 341, may 2019. ISSN 2579-7301. Available at: <http://ejurnaladhkdr.com/index.php/jik/article/view/212>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.32831/jik.v7i2.212.
Section
Articles