HUBUNGAN SELF CARE DENGAN KESTABILAN GULA DARAH PASIEN DIABETES MELLITUS TYPE II

  • Agus - Priyanto Stikes Ganesha Husada Kediri
  • Titik Juwariah Stikes Ganesha Husada Kediri

Abstract

Pendahuluan: Prevalensi Diabetes Melitus terus naik dari tahun ke tahun.  Kurang nya kesadaran menjaga stabilitas gula darah mengakibatkan kenaikan tak terkendali resiko komplikasi seperti stroke, hipertensi, gangren, dan katarak. Self care pada penderita Diabetes Melitus di butuhkan untuk menjaga dan meningkatkan status kesehatan.   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Self Care dengan tingkat Kestabilan Gula Darah. Metode: Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analitic Correlational dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel sebanyak 48 responden di ambil dengan teknik Accidental Sampling. Instrumen yang digunakan adalah Summary of Diabetes Self-Care Activities (SDSCA), dan checklist. Untuk mengetahui hubungan antar variabel digunakan uji statistik Spearman Rank. Hasil: penelitian menunjukkan mayoritas responden menerapkan self care dalam tingkat sedang dan separoh responden menunjukkan tingkat kestabilan gula darah sedang. Hasil uji statistik menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara tingkat self care dengan tingkat kestabilan gula darah dengan nilai ρ = 0,000, dan nilai koefisiensi 0,707. Diskusi: Untuk mencegah morbiditas dan mortalitas terkait diabetes mellitus, perawatan diri dan kontrol gula darah pasien perlu ditingkatkan. Peran dokter dan tenaga kesehatan perlu di tekankan dalam program promosi kesehatan terkait perawatan diri pasien diabetes mellitus.


 


Kata kunci : Self care, Kestabilan Gula Darah, Diabetes Melitus

Downloads

Download data is not yet available.

References

(IDF), I. D. F. (2017). Diabetes Atlas.
Deborah J. Toobert, P., Sarah E. Hampson, P., & Russell E. Glasgow, P. (2000). The Summary of Diabetes Self-Care Activities Measure. Diabetes Journal, 25.
Depkes RI. (2012). Pedoman Pengendalian Diabetes Melitus dan Penyakit Metabolik. Jakarta: Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak MenularNo Title.
Hidayah Milda. (2019). Hubungan antara Perilaku Self Managemen dengan Kadar Gula Darah pada Pasien DM di Puskesmas Pucang sewu. Amerta. Nutrition Jurnal., 3.
Kusniawati. (2011). . Analisis Faktor yang Berkontribusi Terhadap Self Care Diabetes Pada Klien Diabetes Melitus Tipe 2 Di Rumah Sakit Umum Tangerang. [Universitas Indonesia]. https://docplayer.info/32163672-Analisis-faktor-yang-berkontribusi-terhadap-self-care-diabetes-pada-klien-diabetes-melitus-tipe-2-di-rumah-sakit-umum-tangerang-tesis.html
Medik, R. (2019). Catatan Kasus Diabetes Melitus.
Perkeni. (2015). Panduan PenatalaksanaanDM Tipe 2 pada IndividuDewasa di Bulan Ramadan.
Perry, P. (2012). Buku Ajar Fundamental Keperawatan, Konsep, Proses dan Praktik. EGC.
Putra Juli Risgian. (2021). Self Care For Patients With Diabetes Mellitus Complementary Diseases of Hypertension in Public health center. JGK, 13.
Riegel, Barbara DNSc, RN, FAAN, FAHA; Jaarsma, Tiny PhD, RN, FAAN, FAHA, NFESC; Strömberg, Anna PhD, RN, FAAN, N. (2012). A Middle-Range Theory of Self-Care of Chronic Illness. Advances in Nursing Science, 35. https://doi.org/10.1097/ANS.0b013e318261b1ba
Riskesdas. (2018). Laporan Nasional Riskesda.
Smeltzer SC, B. B. (2013). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. EGC.
Suantika, P. I. R. (2015). Hubungan Self Care Diabetes Dengan Kualitas Hidup Pasien DM Tipe 2 Di Poliklinik Interna Rumah Sakit Umum Daerah Bandung. Coping : Community of Publishing in Nursing, 3 no.1. https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/10830
Susanti, S. (2018). Hubungan Pola Makan Dengan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Mellitus. Jurnal Kesehatan Vokasional, 3.
WHO (World Healt Organization). (2017). No Title. Diabetes Mellitus.
Wulan Sari Sagita. (2019). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Perawatan Diri (Self Care) Lansia Yang Tinggal Di Panti Werdha Di Surabaya. Universitas Airlangga.
Published
2021-12-15
How to Cite
PRIYANTO, Agus -; JUWARIAH, Titik. HUBUNGAN SELF CARE DENGAN KESTABILAN GULA DARAH PASIEN DIABETES MELLITUS TYPE II. Jurnal Ilmu Kesehatan, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 74 - 81, dec. 2021. ISSN 2579-7301. Available at: <http://ejurnaladhkdr.com/index.php/jik/article/view/376>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.32831/jik.v10i1.376.