PENDIDIKAN IBU SEBAGAI DETERMINAN DENGAN PELAKSANAAN PANTANG MAKAN PADA IBU NIFAS

PENDIDIKAN IBU SEBAGAI DETERMINAN DENGAN PELAKSANAAN PANTANG MAKAN PADA IBU NIFAS

  • veryudha eka prameswari STIKes Bina Sehat PPNI Mojokerto
  • Tria Wahyuningrum Prodi S1 Kebidanan STIKes Bina Sehat PPNI Mojokerto
  • Esti Novi Andyarini Prodi Psikologi, Universitas Islam Negeri Surabaya

Abstract

Pendahuluan: Banyak ibu yang melakukan pantang makan pada masa nifas, seperti tidak makan ikan laut, telur, sayur dan makanan pedas. Metodologi: Desain penelitian menggunakan metode analitik cross sectional, populasi penelitian adalah seluruh ibu nifas pada hari ke-1 sampai hari ke-42 bulan Juni sampai Juli sebanyak 25 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah consecutive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Setelah data terkumpul, dilakukan pengolahan data dan dilanjutkan dengan uji statistik chi square. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan (0,024) < (0,05), ada hubungan antara pendidikan ibu sebagai determinan dengan pelaksanaan pantangan makanan pada ibu nifas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu dengan pendidikan SD atau SMP 64% ibu nifas pantang makan, sedangkan ibu nifas yang tamat SLTA dan berpendidikan tinggi 8% ibu nifas tidak pantang makan. Dikusi: Pendidikan yang rendah membuat ibu tidak mendapatkan informasi yang benar tentang kesehatan. Disarankan kepada ibu nifas untuk lebih sering mencari informasi dari tenaga Kesehatan. Ibu mana yang memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan selama masa nifas.


 


Kata Kunci: Pendidikan, Ibu Nifas, Pantang Makan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andhikatias, Y. R. et al. (2021) ‘Peningkatan Kesehatan Ibu Nifas Melalui Penyuluhan Javanese Tradisional Healing Pasca Persalinan’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kesehatan, 1(2), pp. 79–85.
Happinasari, O. and Suryandari, A. E. (2017) ‘Jurnal Ilmu Kebidanan dan Kesehatan (Journal of Midwifery Science and Health) Akbid Bakti Utama Pati’, Ilmu Kebidanan dan Kesehatan, 8(1), pp. 1–15.
Muthoharoh, H. (2018) ‘Hubungan Pantang Makanan Pada Ibu Nifas Dengan Percepatan Involusi Uterus Pada Hari Ke 7 Post Partum’, Jurnal Midpro, 10(1), pp. 32–40.
Notoatmodjo (2020) Ilmu Perilaku Sehat. Jakarta : Rineka Cipta.
Nursalam (2013) Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.
Pratiwi, K. and Rusinani, D. (2020) Buku Ajar Psikologi Perkembangan Dalam Siklus Hidup Wanita. Deepublish.
Salat, S. Y. S. and Fitriah, F. (2015) ‘Karakteristik Ibu Nifas yang Berprilaku Pantang Makanan Di Desa Rubaru Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep’, Wiraraja Medika: Jurnal Kesehatan, 5(2).
Sulistiyoningsih (2011) Gizi Untuk Kesehatan Ibu Dan Anak. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sulityawati, A. (2009) Buku Ajar Asuhan Kebidanan Pada Ibu Nifas. Yogyakarta: Andi.
Published
2022-05-30
How to Cite
PRAMESWARI, veryudha eka; WAHYUNINGRUM, Tria; ANDYARINI, Esti Novi. PENDIDIKAN IBU SEBAGAI DETERMINAN DENGAN PELAKSANAAN PANTANG MAKAN PADA IBU NIFAS. Jurnal Ilmu Kesehatan, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 149 - 153, may 2022. ISSN 2579-7301. Available at: <http://ejurnaladhkdr.com/index.php/jik/article/view/399>. Date accessed: 30 june 2022. doi: https://doi.org/10.32831/jik.v10i2.399.
Section
Articles