HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE DENGAN KEJADIAN PENYAKIT KUSTA DI PUSKESMAS MANGUHARJO DAN NGEGONG

  • liana novita STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Retno Widiarini Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Avicena Sakufa Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun

Abstract

Pendahuluan: Kusta merupakan penyakit menular yang dapat menyerang kulit, yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium leprae. Kusta merupakan penyakit infeksius dengan waktu inkubasi yang panjang sampai bertahun-tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan personal hygiene dengan kejadian penyakit kusta di Puskesmas Manguharjo dan Ngegong. Metodologi: Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan case control. Populasi dan sampel adalah seluruh penderita kusta periode Januari – Desember 2021 yaitu 26 responden kasus dan 26 responden kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan Uji Chi-square. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel independent yaitu kebiasaan mandi (p-value = 0,026),  kebiasaan meminjam handuk (p-value = 0,006), kebiasaan mencuci tangan dan kaki (p-value = 0,012) terhadap kejadian penyakit kusta. Diskusi: Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan mandi, kebiasaan meminjam handuk, kebiasaan mencuci tangan dan kaki terhadap kejadian penyakit kusta di Puskesmas Manguharjo dan Ngegong. Saran bagi Puskesmas yaitu perlu adanya sosialisasi mengenai cara pencegahan dan pengobatan penyakit kusta serta pemberian edukasi mengenai stigma masyarakat bahwa penyakit kusta bukan penyakit yang menyeramkan


Kata Kunci: penyakit kusta, personal hygiene, Mycobacterium leprae.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Emmy S. (2006). Kusta. Jakarta: FKUI Jakarta.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Infodatin: Kusta. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Komalaningsih, S. (2016). Hubungan Personal Hygiene Dengan Kejadian Penyakit Kusta Di Rumah Sakit Khusus Kusta Dr Sitanala Kota Tangerang. Jurnal Penelitian Kesehatan STIKes Dharma Husada Bandung, X(2), 20–32.
Lita. (2015). Perilaku Santri Dalam Upaya Pencegahan Penyakit Scabies di Pondok Pesantren Ulumu Qur’an Stabat. Jurnal Penelitian Medan.
Muharry, A. (2017). Faktor Risiko Kejadian Kusta. Jurnal Penelitian Kesehatan Lingkungan.
Profil Kesehatan Indonesia. (2020). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Profil Kesehatan Kota Madiun. (2019). Profil Kesehatan Kota Madiun. Profil Kesehatan Kota Madiun.
Puskesmas Manguharjo. (2021). Profil Puskesmas Manguharjo. Madiun: Dinas Kesehatan Kota Madiun.
Puskesmas Ngegong. (2021). Data Penyakit Kusta. Kota Madiun: Dinas Kesehatan Kota Madiun.
Rismawati, D. (2013). Hubungan Antara Sanitasi Rumah Dan Personal Higiene Dengan Kejadian Kusta MultiBasiler. Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negri Semarang. Jurnal Penelitian.
Sidi, S. (2014). Perbedaan Sanitasi Lingkungan dan Hygiene Perorangan Terhadap Kejadian Skabies. SKripsi FKM Unair Surabaya.
Tami, M. (2019). Hubungan Antara Kusta Tipe Pausi Basiler dengan Angka Keberhasilan Pengobatan Kusta di Jawa Timur. Jurnal Berkala Epidemiologi, e-ISSN: 25.
Umah, K. (2015). Hubungan Personal Hygiene Dengan Tindakan Pencegahan Penularan Penyakit Kusta. Journals of Ners Community, 6(1).
Wartonah. (2007). Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan. Jakarta: Medika.
Winarmo, A. P., Ulifiana, E., & Mar’ah, E. M. (2019). Faktor Yang Berhubungan dengan Perilaku Pencegahan Penularan Kusta di Keluarga. Indonensian Journal of Community Health Nurishing, 10–16.
World Health Organization. (2020). Global Lepsory Update.
Published
2023-05-31
How to Cite
NOVITA, liana; WIDIARINI, Retno; SAKUFA, Avicena. HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE DENGAN KEJADIAN PENYAKIT KUSTA DI PUSKESMAS MANGUHARJO DAN NGEGONG. Jurnal Ilmu Kesehatan, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 6 - 13, may 2023. ISSN 2579-7301. Available at: <https://ejurnaladhkdr.com/index.php/jik/article/view/464>. Date accessed: 13 july 2024. doi: https://doi.org/10.32831/jik.v11i2.464.
Section
Articles