HUBUNGAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MOJOPURNO

  • Natasya Febrianti STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Avicena Sakufa STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Karina Nur STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun

Abstract

Pendahuluan: Demam Berdarah Dengue (DBD) disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti yang merupakan salah satu kesehatan masyarakat di Indonesia yang jumlah penderitanya cenderung meningkat dan penyebarannya semakin luas. Salah satu penyebab dari kejadian DBD ini adalah buruknya sanitasi lingkungan disekitar pemukiman warga. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan sanitasi lingkungan dengan kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) di Wilayah Kerja Puskesmas Mojopurno. Metodologi: Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan case control. Populasi dan sampel adalah seluruh penderita DBD yaitu 25 responden kasus dan 25 responden kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan Uji Chi-square. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel independent yaitu kondisi rumah (p-value = 0,023),  kondisi tempat penampungan air (p-value = 0,010), dan sistem pembuangan sampah (p-value = 0,005) terhadap kejadian DBD di Wilayah Kerja Puskesmas Mojopurno. Diskusi: Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu ada hubungan yang signifikan antara kondisi rumah, kondisi tempat penampungan air, dan sistem pembuangan sampah terhadap kejadian DBD di Wilayah Kerja Puskesmas Mojopurno. Saran bagi Puskesmas yaitu perlu adanya sosialisasi mengenai cara pencegahan penyakit DBD kepada masyarakat sekitar serta sosialisasi tentang program sanitasi lingkungan.


Kata Kunci: kejadian DBD, dengue, sanitasi lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmadi, U, F. (2014). Management Penyakit Berbasis Wilayah. Jakarta: Rajawali Press.
Achmadi, U. F. (2014). Dasar-dasar Penyakit Berbasis Lingkungan. Rajawali Press.
Apriyani, Ummiyati, S. R, Sutomo, A. H. (2017). Sanitasi Lingkungan Dan Keberadaan Jentik Nyamuk Aedes Sp Dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue Di Banguntapan Bantul. Jurnal. Berita Kedokteran Masyarakat.
Astuti. (2018). Hubungan Kondisi Lingkungan Fisik Terhadap Tingkat Kepadatan Larva Aedes Sp Di Sekolah Dasar Wilayah Kecamatan Kasihan Bantul. Jurnal Universitas Sriwijaya, 3.
Dinas Kesehatan Jawa Timur. (2021). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur.
Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun. (2021). Profil Kesehatan Kabupaten Madiun. Kabupaten Madiun: Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun.
Faransiska. (2018). Analisis Kondisi Lingkungan Fisik, Sanitasi, dan Perilaku Keluarga dengan Kejadian DBD di Wilayah Kerja Puskesmas Talawi. Universitas Sumatera Utara.
Hadriyati. (2016). Hubungan Sanitasi Lingkungan Dan Tindakan 3M Plus Terhadap Kejadian DBD. Jurnal STIKES Harapan Ibu Jambi, 1.
Kartika. (2018). Hubungan Sanitasi Lingkungan Sekolah Dasar Dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue Di Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Universitas Negeri Malang.
Kementerian Kesehatan RI. (2021). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Khairiyah, N. (2020). Hubungan Antara Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian DBD Di Wilayah Kerja Puskesmas Karang Mekar Kota Banjarmasin. Fakultas Kesehatan Masyarakat Banjarmasin.
Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Puskesmas Mojopurno. (2021). Profil Puskesmas Mojopurno. Kabupaten Madiun: Puskesmas Mojopurno.
Sholehuddin Mochammad. (2016). Hubungan Sanitasi Lingkungan, Perilaku Pengendalian Jentik Nyamuk dan Kepadatan Penduduk Dengan Kejadian Penyakit DBD di Kabupaten Jember. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Depok.
Soegijanto. (2006). Demam Berdarah Dengue, Edisi 2. Surabaya: Airlangga University Press.
Soemirat, J. (2011). Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta: Gajah Mada. University Press Yogyakarta.
Wulandari, R. E. (2016). Hubungan Sanitasi Lingkungan, Unsur Iklim, Keberadaan Jentik Nyamuk Ae. Aegypti Terhadap Kejadian Demam Berdarah Dengue Di Kabupaten Pacitan Tahun 2015. Skripsi, Universitas Airlangga.
Published
2023-06-17
How to Cite
FEBRIANTI, Natasya; SAKUFA, Avicena; NUR, Karina. HUBUNGAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MOJOPURNO. Jurnal Ilmu Kesehatan, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 99 - 107, june 2023. ISSN 2579-7301. Available at: <https://ejurnaladhkdr.com/index.php/jik/article/view/467>. Date accessed: 13 july 2024. doi: https://doi.org/10.32831/jik.v11i2.467.
Section
Articles