MOTIVASI WANITA USIA SUBUR DALAM MELAKUKAN PEMERIKSAAN INSPEKSI VISUAL ASETAT DI DESA GEBANGSARI KECAMATAN JATIREJO MOJOKERTO

Motivasi Wanita Usia Subur Dalam Melakukan Pemeriksaan IVA

  • veryudha eka prameswari STIKes Bina Sehat PPNI Mojokerto
  • Indra Yulianti STIKes Bina Sehat PPNI Mojokerto
  • Tria Wahyuningrum STIKes Bina Sehat PPNI Mojokerto

Abstract

Masalah kesehatan reproduksi yang begitu komplek akhirnya timbul gagasan untuk melakukan skrining kanker serviks dengan metode yang sederhana, yaitu dengan pemeriksaan IVA.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi wanita usia subur dalam melakukan pemeriksaan IVA di Desa Gebangsari Kecamatan Jatirejo Mojokerto. Populasi pada penelitian semua Wanita Usia Subur yang berusia 20-35 tahun dan sudah menikah atau pernah berhubungan seksual di Desa Gebangsari Kecamatan Jatirejo Mojokerto sejumlah 102 orang. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel 43 orang. Variabel penelitian adalah motivasi Wanita Usia Subur dalam melakukan pemeriksaan IVA. Alat ukur menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar Wanita Usia Subur mempunyai motivasi rendah dalam melakukan pemeriksaan IVA, yaitu 24 orang (55,8%), motivasi sedang sebanyak 17 orang (39,5%), dan motivasi tinggi sebanyak 2 orang (4,7%). Analisis data yang digunakan adalah persentase. Rendahnya motivasi WUS dalam melakukan pemeriksaan IVA disebabkan oleh berbagai faktor yaitu umur, pendidikan, pekerjaan, pengalaman, lingkungan, dan informasi sehingga tenaga kesehatan perlu memberikan penyuluhan tentang kanker leher rahim dan bagaimana pencegahan serta mendeteksinya sedini mungkin, memberikan reward pada ibu yang mau melakukan pemeriksaan IVA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrijono, Nurwijaya, H, & S. (2010). Cegah Dan Deteksi Kanker Serviks. Jakarta, Gramedia.
Diananda, R. (2007). Panduan Lengkap Mengenai Kanker. Yogyakarta: Mirza Media Pustaka.
Hamzah. (2008). Teori Motivasi Dan Pengukurannya: Analisis dibidang Pendidikan. Edisi 1. Cetakan 4. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemenkes. (2012). Profil Kesehatan Indonesia tahun. Jakarta: Kemenkes RI.
Nuranna. (2008). Skrining Kanker Leher Rahim Dengan IVA. Jakarta: HTA Depkes RI.
Nursalam & Pariani, S. (2007). Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta: Sagung Seto.
Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Safa’ah. (2014). Faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi wanita usia subur yang melakukan pemeriksaan iva dalam upaya deteksi kanker serviks. 02.
Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
WHO. (2012). World Health Reports of 2012. Tersedia dari http://www.who.int. Diakses pada tanggal 20 Januari 2016.
Published
2019-11-07
How to Cite
PRAMESWARI, veryudha eka; YULIANTI, Indra; WAHYUNINGRUM, Tria. MOTIVASI WANITA USIA SUBUR DALAM MELAKUKAN PEMERIKSAAN INSPEKSI VISUAL ASETAT DI DESA GEBANGSARI KECAMATAN JATIREJO MOJOKERTO. Jurnal Ilmu Kesehatan, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 18 - 23, nov. 2019. ISSN 2579-7301. Available at: <https://ejurnaladhkdr.com/index.php/jik/article/view/225>. Date accessed: 05 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.32831/jik.v8i1.225.
Section
Articles