PENINGKATAN KETRAMPILAN PENGENALAN TRAUMA CAPITIS DENGAN TEKNIK SIMULASI

  • Dwi Rahayu STIKes Pamenang Kediri
  • Fajar Rinawati STIKes Pamenang Kediri
  • Yunarsih Yunarsih Akper Dharma Husada kediri

Abstract

Pendahuluan: Trauma kepala merupakan keadaan diakibatkan karena benturan pada kepala. Trauma kepala terjadi karena jatuh atau karena kecelakaan lalu lintas dan dapat juga karena hal lainnya. Trauma kepala dapat menyebabkan cedera pada otak. Oleh karena itu seorang tenaga kesehatan harus mengetahui diagnosis pada kejadian trauma kepala, menganalisanya supaya dapat ditentukan tingkat trauma kepala yang dialami, sehingga dapat digunakan untuk menentukan cara penatalaksanaan dan menentukan prognosa cedera kepala terutama yang berkaitan dengan masalah gangguan neurologi. Pengukuran tingkat keparahan trauma pada kepala menjadi hal yang sangat penting guna menetapkan perawatan yang paling efektif, sehingga dapat dievaluasi lebih mudah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan ketrampilan pengenalan trauma kepala menggunakan teknik simulasi. Metodologi: Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental design dengan menggunakan rancangan one group pretest-postest. Responden penelitan ini sebesar 39 responden. Teknik sampling adalah purposive sampling, menggunakan lembar kuesioner melalui google form. Teknik simulasi dilakukan secara langsung (luring). Analisa data menggunakan uji wilcoxon. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan p-value: 0,000 dimana ( p value < 0,05 ) yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara ketrampilan pengenalan cedera kepala sebelum dan sesudah dilakukan simulasi. Metode simulasi efektif digunakan untuk melatih ketrampilan responden dalam ketrampilan pengenalan trauma capitis yang terjadi pada pasien. Diskusi: Peningkatan ketrampilan dalam pengenalan trauma kepala diperlukan untuk menentukan derajat keparahan trauma kepala yang terjadi sehingga diharapkan dengan pengenalan dini, penatalaksanaan pasien akan lebih cepat dan sesuai target. Sehingga prognosa pasien semakin baik.


Kata Kunci: Cedera Kepala, Ketrampilan, Pengenalan, Simulasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Beily, D. C. E. (2018). Hubungan Antara Faktor Transportasi Dengan Cedera Kepala Sekunder Pada Pasien Cedera Kepala Berat Di Igd Rsud Bangil. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widyagama Husada Malang.
Erny, Prasetyo, O., & Prasetyo, D. (2019). Trauma Kepala Pada Anak: Klasifikasi Hingga Pemantauan Jangka Panjang. Jurnal Ilmiah Kedokteran Wijaya Kusuma, 8(2), 42–58. https://doi.org/10.30742/jikw.v8i2.620
Fibriansari, R. D., Maisyaroh, A., & Widianto, E. P. (2022). Pelatihan pertolongan pertama korban tenggelam pada nelayan dengan metode simulasi. Media Karya Kesehatan, 5(1), 116–126.
Fitriana, N. F. (2020). Gambaran Revised Trauma Score pada Pasien Cedera Kepala Berat di RSUD Margono Soekardjo. Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 64–67.
Lestari, P. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran ( Role Playing ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas XII TKJ 2 SMK Negeri 2 Selong Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Journal Ilmiah Rinjani_Universitas Gunung Rinjani, 7(2), 88–98.
Manay, R. H. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Peer Asisted Learning Dan Simulasi Terhadap Ketrampilan Pemeriksaan Fisik Bayi Baru Lahir Mahasiswa D III Kebidanan. UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASAR.
Yunianto, D. A., Nugroho, H. A., & Ernawati. (2014). Metode Simulasi Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Terhadap Praktik Perawatan Luka Siswa di SD Negeri Mranggen 2 Demak. Jurnal Fikkes UNIMUS, 1(1), 1–10.
Published
2022-12-07
How to Cite
RAHAYU, Dwi; RINAWATI, Fajar; YUNARSIH, Yunarsih. PENINGKATAN KETRAMPILAN PENGENALAN TRAUMA CAPITIS DENGAN TEKNIK SIMULASI. Jurnal Ilmu Kesehatan, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 95-100, dec. 2022. ISSN 2579-7301. Available at: <https://ejurnaladhkdr.com/index.php/jik/article/view/484>. Date accessed: 06 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.32831/jik.v11i1.484.